Resep nasi goreng kepiting yang cocok untuk sarapan

Karena pembuatannya yang tidak sulit terkadang nasi goreng menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai menu sarapan. Hal itu disebabkan waktu pembuatan yang singkat serta resep nasi goreng yang mudah untuk didapatkan. Menurut IDNTIMES, untuk nasi goreng pun dapat dipadukan dengan daginh kepiting karena dapat menambahkan rasa yang lebih gurih dan nikmat dan dapat dibuat sendiri dirumah.

Bahan utama yang dibutuhkan dalam membuat nasi goreng kepiting ini adalah 500 gram nasi putih, 200 gram daging kepiting,  100 gram jagung manis, 1 buah telur ayam serta 3 buah jamur kuping yang diiris memanjang. Sedangkan untuk bahan bumbunya cukup mudah karena merupakan bumbu dapur yaitu 4 siung bawah putting dan 3 buah cabai kering yang dicincang kasar, 1 sendok makan kecap ikan, 2 sendok the kaldu ayam bubuk, 1 batang daun bawang yang diiris tipis, 1 sendok the merica bubuk, garam, gula pasir, dan minyak goreng yang secukupnya. Sebagai bahan pelengkap bisa ditambahkan 1 butir telur asin matang yang sudah dikupas dan dipotong serta 3 sendok the bawang goreng untuk mempersedap tampilan makanan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menumis bawang putih dan cabai kering yang sudah diiris secara kasar tersebut menggunakan minyak dan wajan yang sudah dipanaskan hingga harum dan layu. Setelah itu pecahkan telur untuk dikocok terlebih dahulu yang kemudian dituang dan dimasak menjadi telur oorak arik. Setelah terlihat setengah matang masukkan daging kepiting kedalam tumisan dan diaduk hingga harum dan merata.

Setelah bumbu sudah harum dan merata selanjutnya adalah menambahkan jagung manis dan jamur kancing yang sudah dipipili dan diaduk hingga merata dengan yang sudah ditumis sebelumnya. Tambah sedikit garam kepada bumbu tumis. Setelah semua bumbu dan dagingnya sudah merata yang terakhir dimasukkana adalah nasi  putih dan diaduk aduk hingga merata. Tambahkan pula kecap ikan, bubuk kaldu ayam, merica bubuk, gula pasir, garam, dan daun bawang. Aduk hingga matang dan merata. Sebelum diisajikan, nasi goreng harap dicicipi dulu bila dirasa kurang asin dapat ditambahkan garam atan kecap ikan. Setelah sudah dirasa pas, sajikan dengan potongan telur asin dan taburan bawang goreng. Bagaimana, mudah bukan pembuatannya?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *