PERBEDAAN CIRI – CIRI BATIK PRINTING DENGAN BATIK TULIS

Kita pasti memiliki setidaknya satu baju batik di dalam lemari kita. Batik yang biasa dipakai untuk acara – acara formal. Namun apakah anda tahu batik yang anda miliki tergolong jenis batik printing atau batik tulis? Keduanya memiliki ciri khas serta kualitas yang berbeda. Apa saja perbedaannya? Mari kita bahas di bawah ini.

    • Batik Printing

Yang pertama kita bahas adalah tentang batik printing. Batik printing atau yang sering kita sebut juga dengan batik sablon ini, karena semua proses pembatikan jenis batik ini sangatt mirip dengan proses penyablonan kain. Perkembangan teknologi adalah faktor utama yang mempengaruhi batik printing ini. Alat – alat modern dipilihnya untuk memproduksi batik yang lebih konsisten dengan pengerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu juga saat jumlah produksi perhari bisa ratusan kodi. Ini tentu menguntungkan bagi para pebisnis batik printing itu sendiri. Motif batik printing sudah di buat dan desain di print saja di atas alat offset/sablon, sehingga bisa begitu memudahkan pengerjaan batik khususnya dalam hal pewarnaan bisa langsung dilakukan dengan alat ini.

      • Batik Tulis

Selanjutnya tentang Batik tulis. Batik tulis ini dilakukan pembuatannya dengan melukiskan sebuah pola  pada kain mori dengan menggunakan kedua tangan saja, alat – alatnya yang diperlukan pun diantaranya adalah Canting lilin, Wajan, Gawangan, Kauli, Anglo, Tipas/ Tepas. Batik Tulis ini merupakan salah satu cara atau teknik dalam membuat batik yang digunakan secara manual penuh dan menggunakan tangan dengan alat bantu canting untuk menerapkan lilin malam pada corak batiknya. Kemudian pembuatan batik tulis ini juga sangat memerlukan kesabaran tingkat tinggi dan ketelitian yang tinggi karena setiap titiknya dalam motif akan berpengaruh pada hasil akhirnya. Motif yang dihasilkannya juga dengan batik tulis tidak akan  pernah sama persis. Tingkat Kerumitan dari batik tulis inilah yang menyebabkan harga batik tulis relatif mahal dibanding yang lain lhoo. Maka dari itu  jenis batik tulis ini seringkali dipakai oleh para raja, serta para bangsawan sebagai simbol kemewahan itu.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *