Ini Dia 5 Tahapan Mencuci Botol Susu agar Bersih dan Steril

Image result for botol susu

Botol susu merupakan peralatan bayi yang sangat penting. Apalagi jika bayi Anda mengonsumsi susu formula atau meminum ASI perah dengan botol. Menjaga kebersihan botol susu menjadi sangat penting. Nah, berikut ini beberapa tahapan mencuci botol susu yang tepat agar bersih dan tetap steril.

  1. Cuci Tangan Anda dengan Sabun

Tahap pertama ini sering dilupakan para ibu sebelum mencuci botol susu. Mungkin saja sebelumnya tangan Anda terkena bakteri yang akan mengganggu kesehatan bayi. Mencegah penyebaran virus dan bakteri, Anda diharuskan mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum memulai mencuci botol susu.

  1. Lepaskan Semua Bagian Botol

Setelah mencuci tangan, Anda bisa mulai melepaskan bagian botol satu per satu. Hal ini bertujuan memudahkan Anda membersihkannya. Selain itu, cara ini juga lebih efektif membersihkan seluruh bagian botol susu agar tetap steril dan aman digunakan.

  1. Gunakan Sabun Cair

Setelah semua bagian botol dilepas, Anda bisa menuangkan sabun cair pada botol susu dan rangkaiannya. Usahakan Anda menggunakan sabun khususu untuk mencuci peralatan bayi. Jangan pernah menggunakan detergen atau sabun colek untuk membersihkan botol susu.

Kandungan zat kimia pada sabun pencuci piring biasa dapat tertelan dan menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi. Sabun khusus pembersih peralatan bayi memang diformulasikan agar sesuai dengan kondisi tubuh bayi dan tidak berisiko jika residunya tersisa pada botol susu saat digunakan.

  1. Mulai Bersihkan dari Bagian Bawah Botol

Selanjutnya Anda bisa mulai membersihkan botol susu dari bagian bawah dengan menggunakan sikat berbulu halus. Gunakan sikat khusus untuk botol agar botol susu lebih bersih. Bersihkan bagian dasar dengan gerakan memutar lalu bersihkan bagian sisi botol dengan gerakan naik turun.

Tahap selanjutnya, bersihkan bagian dot yang sudah terpisah dari tutupnya. Gunakan sikat dengan ukuran kecil agar lemak susu yang tersisa dapat dibersihkan dengan mudah. Anda bisa memilih sikat kecil dengan bentuk memanjang agar dapat menjangkau hingga bagian ujung dot yang sulit dijangkau.

Setelahnya, cuci bagian tutup botol dengan menggunakan sikat atau spons khusus. Pastikan spons yang Anda gunakan untuk membersihkan tutup botol tidak digunakan untuk mencuci peralatan makan lainnya. Bakteri dan jamur sangat mudah menyebar melalui cara ini. Bersihkan juga bagian luar botol menggunakan spons.

Jangan lupa bilas dan bersihkan sabun yang tersisa dengan menggunakan air mengalir. Hindari membilas botol susu dengan cara merendamnya ke dalam air untuk mencegah penyebaran bakteri dan menetapnya kotoran pada botol.

  1. Keringkan dan Sterilkan

Setelah semua bagian botol dipastikan bersih, tahap selanjutnya adalah melakukan sterilisasi. Umumnya, para ibu mensterilkan botol susu dengan cara merendamya ke dalam air mendidih selama 15 menit. Kemudian mengeringkannya menggunakan lap bersih.

Cara tradisional ini ternyata tidak praktis dan higienis karena bisa saja botol susu terkena bakteri jika direndam terlalu lama atau saat membersihkannya dengan kain lap. Solusinya, Anda bisa menggunakan sterilizer yang kini banyak tersedia di pasaran.

Tak harus mahal, sterilizer dengan brand Crown Electric Steam menyediakan sterilizer berkualitas dengan harga sekitar Rp. 209.000,00. Sterilizer ini bisa menampung hingga 3 botol susu dalam satu kali pemrosesan. Crown Electric Steam ini bisa Anda dapatkan di orami.co.id dengan diskon harbolnas sebesar 10%.

Diskon Harbolnas di orami.co.id ini berlaku pada tanggal 12 Desember 2018 dan menawarkan diskon 80% untuk beberapa produk tertentu dan diskon 10% untuk semua poduk. Promo ini juga menyediakan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *