Hal-hal yang Wajib Anda Pikirkan Setelah Membeli Mobil Sendiri

Sebagian besar orang menganggap kalau dengan mempunyai mobil pribadi, tingkat hidup sehari-hari mereka sudah mapan dan sangat mencukupi. Anggapan tersebut sebenarnya tidak salah juga karena harganya saja cukup mahal meskipun mengambil yang kelas low end. Tapi, jangan sampai anggapan itu menjadikan Anda segera membelinya atau dengan keadaan terpaksa.

Ada beberapa solusi yang membuat Anda bisa memilikinya dengan harga yang lebih murah, termasuk mencicilnya. Tapi, tahukah Anda setelah membeli mobil masih ada banyak hal yang harus Anda pikirkan? Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

  1. Tempat parkir

Kalau Anda sudah membeli mobil, Anda harus memikirkan di mana kendaraan Anda tersebut bisa diparkir. Anda yang memiliki rumah minimalis yang tidak mempunyai halaman parkir, tentu menjadi sangat masalah karena tidak ada tempat untuk memparkirkan kendaraan Anda.

Anda harus mencari tempat parkir lain di sekitar rumah yang terkadang harus berbayar untuk pihak tertentu. Selain itu, ketika Anda berpergian ke tempat-tempat makan atau tempat lainnya, tempat parkir juga menjadi masalah utama.

Tidak semua lokasi makan atau rekreasi yang menyediakan tempat parkir yang luas, sehingga mobil pun tidak bisa masuk. Karena itulah, Anda pikirkan matang-matang dalam mencari lokasi yang memiliki tempat parkir.

  1. biaya bensin dan tol

Kota-kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta tentu memiliki kemacetan yang luar biasa, sehingga bahan bakar kendaraan pun akan semakin boros. Tentu saja kondisi bahan bakar yang cepat terkuras membuat Anda harus sering membeli bahan bakar yang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda yang menggunakan mobil setiap hari, tentu harus mengeluarkan uang bensin setiap hari pula.

Biaya tersebut belum terhitung Anda yang ingin melakukan perjalanan ke luar kota yang membutuhkan fasilitas tol. Harga tol dari tahun ke tahun semakin naik, sehingga biaya perjalanan pun juga akan semakin bertambah.

Hitungan kasarnya untuk perjalanan Anda seminggu sebagai contohnya adalah bensin Rp 100 ribu dan biaya tol sekitar Rp 20 ribu. Kalau dihitung-hitung, jumlah pengeluaran Anda tidak sedikit dan akan semakin bertambah jika mengalami kenaikan harga.

  1. Biaya servis

Sebagai pemilik mobil yang baik, tentu Anda harus melakukan servis atau pengecekan mesin secara berkala. Dengan begitu, kendaraan Anda akan tetap dalam kondisi yang fit dan selalu nyaman untuk menggunakannya. Tentu saja untuk melakukan servis, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, apalagi kerusakannya sudah sangat parah.

Biaya yang diberikan dari pihak bengkel biasanya ada yang murah dan ada yang mahal. Tergantung dari sudah berapa lama Anda tidak servis dan kerusakan yang dialaminya.

  1. Biaya pajak tahunan

Setiap kendaraan pasti memiliki pajak tahunan yang harus dibayarkan secara rutin agar bisa tetap digunakan dan terhindar dari masalah polisi jalan. Begitu juga dengan mobil yang harus Anda bayarkan secara rutin pajaknya. Karena itulah, Anda harus mulai menyisihkan gaji Anda untuk membayar pajaknya setiap tahun.

Jangan sampai Anda terlambat membayarnya karena berdampak pada denda pajak dan pengurusan perpanjangan STNK. Untuk biayanya, terhitung dari jenis serta tahun pembuatan mobil yang dimiliki.

  1. Biaya cicilan

Bagi Anda yang membeli mobil dengan cara dicicil, tentu saja setiap bulannya harus menyisihkan lagi gajinya untuk biaya cicilan. Biaya yang harus dibayarkan tersebut disesuaikan dengan jangka waktu cicilan yang dipilih dan DP yang diberikan. Semakin besar DPnya, maka akan semakin kecil cicilan setiap bulannya.

Berpikirlah secara matang bagi Anda yang hendak membeli kendaraan roda empat tersebut. Pastikan Anda mempersiapkan semuanya agar tidak terjadi kendala di tengah-tengahnya. Anda yang ingin mencari mobil, cek dulu di situs milik Toyota Astra, http://www.toyota.astra.co.id. Di sana terdapat banyak pilihan mobil dari Toyota yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *